Fungsi FILTER

Dalam dunia spreadsheet dan analisis data, penggunaan fungsi FILTER telah menjadi salah satu alat penting bagi para profesional dan pengguna yang ingin menyaring data secara efisien.

Fungsi ini hadir sebagai solusi canggih untuk mengekstraksi informasi yang spesifik dari kumpulan data yang besar dan kompleks.

Fungsi FILTER merupakan salah satu fungsi yang banyak digunakan dalam aplikasi spreadsheet seperti Microsoft Excel atau Google Sheets.

Fungsinya adalah menyaring atau mengekstraksi subset data dari rentang data yang ada, berdasarkan kriteria tertentu yang telah ditentukan.

AD PLACEMENT

Fungsi Dasar Rumus FILTER

Rumus FILTER termasuk kedalam rumus Dynamic Array, oleh karena itu rumus ini hanya ada di versi Excel yang sudah menggunakan Dynamic Array seperti 365 atau 2021.

Sintaksis dari rumus FILTER ini adalah

=FILTER(array,include,[if_empty])

  • Array adalah Area atau Range yang ingin ditampilkan atau yang ingin di lakukan Filter
  • include adalah Range kriteria yang akan dimasukan. pada parameter ini isinya harus bertype Boolean yaitu TRUE atau FALSE
  • [if_empty] ini opsional untuk menampilkan jika Hasil filter kosong.

Agar lebih mudah dipahami disini saya buatkan contoh seperti dibawah ini. Misalnya ada sebuah data range seperti dibawah ini.

AD PLACEMENT

Misalnya pada Sheet atau Range yang berbeda ingin menampilkan data yang Female saja,

Maka sintak rumusnya bisa dibuat seperti dibawah ini

Kriteria filter juga bisa dibuat didalam Cell, misalnya seperti contoh dibawah ini

Filter Multi Kriteria

Untuk menampilkan data dengan rumus FILTER yang memiliki lebih dari satu kriteria diperlukan sebuah operator logika sebegai penghubung, misalnya seperti AND atau OR.

AD PLACEMENT

Operator AND dalam rumus FILTER bisa menggunakan * sedangkan OR menggunakan +.

Sebagai Contoh :

misalnya jika ingin menampilkan Data yang memiliki Gender Female dan Education Doctoral, maka rumus bisa dibuat seperti dibawah ini

=FILTER(A2:F41,(D2:D41="Female")*(E2:E41="Doctoral"))

Sedangkan untuk contoh OR misalnya, jika ingin menampilkan data yang memiliki Education Doctoral Atau Master. Maka rumusnya bisa dibuat seperti berikut ini

=FILTER(A2:F41,(E2:E41="Doctoral")+(E2:E41="Master"))

FILTER Sebagian TEXT

Pada kolom Education terdapat data Lower Secondary dan juga Upper Secondary. Misalnya pada kasus ini kita ingin melakukan FIlter data pada cells yang memiliki kata Secondary.

Bisanya untuk kasus seperti ini beberapa rumus mengunakan Wildcard seperti *Secondary*. Namun sayangnya Wildcard tidak support pada rumus ini.

Sehingga untuk menggantikan wildcard untuk rumus FILTER sebagian Text bisa menggunakan FIND/SEARCH dan kemudian menggunakan ISNUMBER

=FILTER(A2:F41,ISNUMBER(SEARCH("secondary",E2:E41)))

Pada rumus diatas, FILTER akan menampilkan kolom Education yang didalamnya terdapat kata secondary.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AD PLACEMENT
More Docs
Chat WhatsApp
WhatsApp